Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan persiapan seorang guru sebelum mengajar di dalam kelas, baik di sekolah formal seperti SD, SMP/MTs, SMA/MA/SMK ataupun di sekolah nonformal seperti Madrasah Diniah,
Hampir semua guru ataupun ustadz mempersiapkan terlebih dahullu bagaimana pembelajaran yang akan dilakukan saat berada di kelas nanti, baik itu materi yang akan disampaikan, metode yang akan digunakan serta media yang digunakan dalam memberikan materi pembelajaran nanti.
Tujuan utama dari pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah untuk mempermudah guru tersebut dalam memberikan materi, sehingga sang Guru tidak bingung ataupun blank ketika memasuki sebuah kelas.
Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) biasanya terdiri dari
- Materi yang akan disampaikan, materi ini biasanya berisikan BAB atau Sub BAB apa saja yang akan disampaikan dikelas nanti dengan batas waktu yang ditentukan.
- Metode yang digunakan, beberapa metode yang biasa digunakan adalah membaca, ceramah, tanya jawab, presentasi oleh siswa, evaluasi pembelajaran serta untuk merefresh kejenuhan bisa di tambah dengan ice breaking
- Media yang digunakan, dalam kesempatan ini sang guru akan menggunakan media apa saa yang akan digunakan, misal papan tulis atau proyektor.
- Alur Pembelajaran, Setelah itu sang guru memperinci kembali alur pembelajaran saat di kelas nanti.
untuk lebih jelasnya lihatlah contoh singkat RPP di bawah ini. Dikarenakan pengalaman kami adalah mengajar di Madrasah Diniah, maka pada kesempatan kali ini kami hanya memberikan contoh RPP di Lembaga Madrasah Diniah
RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN
TAFRIHATUL
WILDAN
PERTEMUAN PERTAMA
(النوع الحدى عشرة - افعال المقربة)
A. Materi
Pembelajaran :
1.
Pengertian Af’alul Muqorrobah
2.
Macam-macam, pengertian dan contoh Af’alul Muqorrobah,
B. Metode
Pembelajaran
1.
Membaca
2.
Ceramah
3.
Tanya Jawab
4.
Evaluasi
5.
Ice Breaking (Kondisional)
C.
Media
1.
Kitab Tafrihatul Wildan
2.
Papan tulis (kondisional)
3.
Proyektor (kondisional)
D. Langkah-Langkah
Pembelajaran
NO
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENGORGANISASIAN
|
KET
|
|||
WAKTU
|
SISWA
|
METODE
|
MEDIA
|
|||
1
|
Kegiatan
Awal
|
5
mnt
|
|
|
|
|
|
ü Mengucapkan
Salam
|
|
Klasikal
|
|
|
|
|
ü Do’a
awal pelajaran
|
|
Klasikal
|
|
|
|
|
ü Menanyakan kehadiran dan kabar siswa
|
|
Klasikal
|
Tanya jawab
|
|
|
|
ü Mengulang pelajaran
pada pertemuan sebelumnya
|
|
Individu
|
Evaluasi
|
Kitab
|
|
2
|
Kegiatan
Inti
|
20
mnt
|
|
|
|
|
|
a.
Membaca dan Menghafal Nadhom
|
|
|
|
|
|
|
ü Guru mengajak siswa
untuk membaca nadhom ke-33 dalam kitab Tafrihatul Wildan tentang Af’alul
Muqorobah dengan lagu yang sudah umum di pesantren
|
|
Klasikal
|
Membaca
|
Kitab
|
|
|
ü Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk menghafal nadhom ke-33 dan memberi kesempatan
bagi yang sudah hafal untuk membacakannya dengan tanpa melihat
|
|
Klasikal
|
Menghafal
|
|
|
|
b.
Memaknai Kitab
|
|
|
|
|
|
|
ü Guru membacakan Kitab
Tafrihatul Wildan Bab 11 tentang Af’alul Muqorobah dan murid memaknai
kitabnya masing-masing
|
|
Klasikal
|
Membaca
|
Kitab
|
|
|
c.
Menjelaskan
|
|
|
|
|
|
|
ü Guru menjelaskan
keterangan nadhom 33 yang telah dimaknai sebelumnya yaitu tentang :
-
Pengertian Af’alul Muqorrobah
-
Jumlah Af’alul Muqorrobah
-
Contoh Af’alul Muqorrobah
|
|
Klasikal
|
Ceramah
|
Proyektor dan Papan Tulis (Kondisional)
|
|
|
d. Evaluasi
|
|
|
|
|
|
|
ü Guru
menanyakan pengertian Af’alul
Muqorrobah
|
|
Indifidu
|
Tanya Jawab
|
|
|
|
ü Guru
menanyakan jumlah
Af’alul Muqorrobah
|
|
Individu
|
Tanya Jawab
|
|
|
|
ü Guru
menanyakan contoh lain
Af’alul Muqorrobah selain dalam kitab Tafrihatul Wildan
|
|
Individu
|
Tanya jawab
|
|
|
3
|
Ice Breaking
|
Kondisional
|
||||
|
ü Guru
mengajak siswa untuk bermain sebuah permainan “ESTAFET NADHOM” sebelum
melanjutkan pada pelajaran selanjutnya agar siswa tidak jenuh dalam menerima
pelajaran selanjutnya
|
|
Klasikal
|
|
Proyektor dan Papan Tulis (Kondisional)
|
|
4
|
Kegiatan
Penutup
|
5
mnt
|
|
|
|
|
|
ü Guru menyimpulkan
tentang keterangan dari nadhom ke-33 dalam Kitab Tafrihatul Wildan Bab 11
|
|
Klasikal
|
Membaca
|
Kitab
|
|
|
ü Guru
menutup pembacaan kitab dan memberitahukan tentang bab selanjutnya yang akan
dipelajari
|
|
Klasikal
|
|
|
|
|
ü Menutup
pelajaran dengan berdo’a
|
|
Klasikal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TOTAL WAKTU
|
30 mnt
|
|
|
|
|
Sengonagung, 27 Februari 2020
NAMA GURU
______________
))--النوع
العاشر--((
|
||
وَارْفَعْ بِكَانَ الْاِسْـــــمَ وَانْصِبِ
الْخَبَرْ
|
30
|
اَصْبَــــــــحَ صَارَ نَحْـــــــــــــوُ
زَيْدٌ ذَانَظَـــــــــــرْ
|
اَمْسَى وَاَضْحَى ظَلَّ بَاتَ مَــــعْ
بَرِحْ
|
31
|
مَازَالَ مَافَــــــــــــــتِئَ وَهْــىَ
تَتَّضِـــــــــــــــــــــــحْ
|
مَاانْفَــــــــــــــكَّ مَادَامَ
كَـــــــــــــذَاوَلَيْــــــــــــــــــسَ
|
32
|
بِكُـــــــــــــــــــــــلِّ
مَاصَــــــــــــرَّفْتَهُ لَاتَنْــــــــــــــــــــسَ
|
))--النوع
الحادى عشر--((
|
||
وَبِعَـــــــسَى
وَكَادَاَوْشَـــــــــــــــــكَ كَــــــــــــــــرَبْ
|
33
|
يَرْفَــــعُ الْاِسْــــــــمُ يَنْصِبُ
الْخَبَــــــــــرُهَبْ
|
))-- النوع الثانى عشر--((
|
||
وَارْفَـــعْ بِنِعْـــــــمَ بِئْسَ
ذَالْمَخْصُــــــوْصَا
|
34
|
مَدْحًــــاوَذَمًّــــــــــــاحَبَّــــــــــذَاخُصُـــــــــــوْصًـــــــا
|
ثُمَّ اجْعَـــلَنَّ مِثْــــــــــلَ
بِئْــــــــــــــــــسَ سَـــــــــاءَ
|
35
|
فَاتْبَـــــــــــعْ صَــــــــــــــوَابِى
نَسْـــــــــاَلُ الدُّعَاءَ
|
وَانْصِــــــــبْ بِظَنَّ الْمُبْتَدَا كَـــــــــذَاالْخَبَرْ
|
36
|
كَـــــخِلْتُهُ
حَـــــسِبْتُـــــــهُ ضَــــــــوْءَالْقَمَـــــــــــــرْ
|
رَأَيْـــتُـــــــــــــــــــــــــهُ عَلِمْتُـــــــــــــــــــهُ
زَعَمْــــــــــــــــــــتُ
|
37
|
وَجَـــــــــدْتُهُ
فَاشْـــــــــــــــكُرْلِـــــــــمَانَظَمْـــــــــــتُ
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar