Tentang

------------ Selamat datang di Blog kami yang sederhana ini ------------ SEMOGA BERMANFAAT. --- Identitas Pemilik Blog ------ Nama : Afif Fuaidi ------ Alamat Rumah : Payaman - Andonosari - Nongkojajar - Pasuruan ------ Facebook : Afif Fuaidi bin Mahfudz ------ Instagram : Apiep_5 (Afif Fuaidi) ---

Selasa, 19 Mei 2020

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Lembaga Madrasah Diniah


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan persiapan seorang guru sebelum mengajar di dalam kelas, baik di sekolah formal seperti SD, SMP/MTs, SMA/MA/SMK ataupun di sekolah nonformal seperti Madrasah Diniah, 

Hampir semua guru ataupun ustadz mempersiapkan terlebih dahullu bagaimana pembelajaran yang akan dilakukan saat berada di kelas nanti, baik itu materi yang akan disampaikan, metode yang akan digunakan serta media yang digunakan dalam memberikan materi pembelajaran nanti.

Tujuan utama dari pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah untuk mempermudah guru tersebut dalam memberikan materi, sehingga sang Guru tidak bingung ataupun blank ketika memasuki sebuah kelas.

Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) biasanya terdiri dari
  1. Materi yang akan disampaikan, materi ini biasanya berisikan BAB atau Sub BAB apa saja yang akan disampaikan dikelas nanti dengan batas waktu yang ditentukan.
  2. Metode yang digunakan, beberapa metode yang biasa digunakan adalah membaca, ceramah, tanya jawab, presentasi oleh siswa, evaluasi pembelajaran serta untuk merefresh kejenuhan bisa di tambah dengan ice breaking
  3. Media yang digunakan, dalam kesempatan ini sang guru akan menggunakan media apa saa yang akan digunakan, misal papan tulis atau proyektor.
  4. Alur Pembelajaran, Setelah itu sang guru memperinci kembali alur pembelajaran saat di kelas nanti.
untuk lebih jelasnya lihatlah contoh singkat RPP di bawah ini. Dikarenakan pengalaman kami adalah mengajar di Madrasah Diniah, maka pada kesempatan kali ini kami hanya memberikan contoh RPP di Lembaga Madrasah Diniah





RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN 
TAFRIHATUL WILDAN
PERTEMUAN PERTAMA
(النوع الحدى عشرة - افعال المقربة)

A. Materi Pembelajaran :
1.      Pengertian Af’alul Muqorrobah
2.      Macam-macam, pengertian dan contoh Af’alul Muqorrobah,

B. Metode Pembelajaran
1.      Membaca
2.      Ceramah
3.      Tanya Jawab
4.      Evaluasi
5.      Ice Breaking (Kondisional)

C. Media
1.      Kitab Tafrihatul Wildan
2.      Papan tulis (kondisional)
3.      Proyektor (kondisional)

D. Langkah-Langkah Pembelajaran
NO
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENGORGANISASIAN
KET
WAKTU
SISWA
METODE
MEDIA
1
Kegiatan Awal
5 mnt





ü  Mengucapkan Salam

Klasikal




ü  Do’a awal pelajaran

Klasikal




ü  Menanyakan kehadiran dan kabar siswa

Klasikal
Tanya jawab



ü  Mengulang pelajaran pada pertemuan sebelumnya

Individu
Evaluasi
Kitab

2
Kegiatan Inti
20 mnt





a.       Membaca dan Menghafal Nadhom






ü  Guru mengajak siswa untuk membaca nadhom ke-33 dalam kitab Tafrihatul Wildan tentang Af’alul Muqorobah dengan lagu yang sudah umum di pesantren

Klasikal
Membaca
Kitab


ü  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menghafal nadhom ke-33 dan memberi kesempatan bagi yang sudah hafal untuk membacakannya dengan tanpa melihat

Klasikal
Menghafal



b.      Memaknai Kitab






ü  Guru membacakan Kitab Tafrihatul Wildan Bab 11 tentang Af’alul Muqorobah dan murid memaknai kitabnya masing-masing

Klasikal
Membaca
Kitab


c.       Menjelaskan






ü  Guru menjelaskan keterangan nadhom 33 yang telah dimaknai sebelumnya yaitu tentang :
-          Pengertian Af’alul Muqorrobah
-          Jumlah Af’alul Muqorrobah
-          Contoh Af’alul Muqorrobah

Klasikal
Ceramah
Proyektor dan Papan Tulis (Kondisional)


d.      Evaluasi






ü  Guru menanyakan pengertian Af’alul Muqorrobah

Indifidu
Tanya Jawab



ü  Guru menanyakan jumlah Af’alul Muqorrobah

Individu
Tanya Jawab



ü  Guru menanyakan contoh lain Af’alul Muqorrobah selain dalam kitab Tafrihatul Wildan

Individu
Tanya jawab


3
Ice Breaking
Kondisional

ü  Guru mengajak siswa untuk bermain sebuah permainan “ESTAFET NADHOM” sebelum melanjutkan pada pelajaran selanjutnya agar siswa tidak jenuh dalam menerima pelajaran selanjutnya

Klasikal

Proyektor dan Papan Tulis (Kondisional)

4
Kegiatan Penutup
5 mnt





ü  Guru menyimpulkan tentang keterangan dari nadhom ke-33 dalam Kitab Tafrihatul Wildan Bab 11

Klasikal
Membaca
Kitab


ü  Guru menutup pembacaan kitab dan memberitahukan tentang bab selanjutnya yang akan dipelajari

Klasikal




ü  Menutup pelajaran dengan berdo’a

Klasikal











TOTAL WAKTU
30 mnt





Sengonagung, 27 Februari 2020

                                                                                      NAMA GURU



______________



 ))--النوع العاشر--((
وَارْفَعْ بِكَانَ الْاِسْـــــمَ وَانْصِبِ الْخَبَرْ  
30
اَصْبَــــــــحَ صَارَ نَحْـــــــــــــوُ زَيْدٌ ذَانَظَـــــــــــرْ
اَمْسَى وَاَضْحَى ظَلَّ بَاتَ مَــــعْ بَرِحْ  
31
مَازَالَ مَافَــــــــــــــتِئَ وَهْــىَ تَتَّضِـــــــــــــــــــــــحْ
مَاانْفَــــــــــــــكَّ مَادَامَ كَـــــــــــــذَاوَلَيْــــــــــــــــــسَ  
32
بِكُـــــــــــــــــــــــلِّ مَاصَــــــــــــرَّفْتَهُ لَاتَنْــــــــــــــــــــسَ
))--النوع الحادى عشر--((
وَبِعَـــــــسَى وَكَادَاَوْشَـــــــــــــــــكَ كَــــــــــــــــرَبْ  
33
يَرْفَــــعُ الْاِسْــــــــمُ يَنْصِبُ الْخَبَــــــــــرُهَبْ
))-- النوع  الثانى عشر--((
وَارْفَـــعْ بِنِعْـــــــمَ بِئْسَ ذَالْمَخْصُــــــوْصَا
34
مَدْحًــــاوَذَمًّــــــــــــاحَبَّــــــــــذَاخُصُـــــــــــوْصًـــــــا
ثُمَّ اجْعَـــلَنَّ مِثْــــــــــلَ بِئْــــــــــــــــــسَ سَـــــــــاءَ  
35
فَاتْبَـــــــــــعْ صَــــــــــــــوَابِى نَسْـــــــــاَلُ الدُّعَاءَ
وَانْصِــــــــبْ بِظَنَّ الْمُبْتَدَا كَـــــــــذَاالْخَبَرْ  
36
كَـــــخِلْتُهُ حَـــــسِبْتُـــــــهُ ضَــــــــوْءَالْقَمَـــــــــــــرْ
رَأَيْـــتُـــــــــــــــــــــــــهُ عَلِمْتُـــــــــــــــــــهُ زَعَمْــــــــــــــــــــتُ
37
وَجَـــــــــدْتُهُ فَاشْـــــــــــــــكُرْلِـــــــــمَانَظَمْـــــــــــتُ


Tidak ada komentar:

Posting Komentar