Tentang

------------ Selamat datang di Blog kami yang sederhana ini ------------ SEMOGA BERMANFAAT. --- Identitas Pemilik Blog ------ Nama : Afif Fuaidi ------ Alamat Rumah : Payaman - Andonosari - Nongkojajar - Pasuruan ------ Facebook : Afif Fuaidi bin Mahfudz ------ Instagram : Apiep_5 (Afif Fuaidi) ---

Selasa, 29 Oktober 2013

BISNIS TANPA AKUNTASI SEPERTI TANPA HASIL

BISNIS TANPA AKUNTASI SEPERTI TANPA HASIL

Bermula ketika banyak teman-temanku yang meminta tolong pada ku untuk dibelikan pulsa ke teman sekamarku. Lama-lama aku berkeinginan untuk menjalankan bisnis pulsa sendiri, karena selama membelikan teman-temanku, aku merasa tidak pernah mendapat keuntungan kecuali hanya ucapan terima kasih. Keinginan itupun sedikit terkendala masalah rasa sungkan (jawa.red) ke teman sekamarku yang menjual pulsa juga. Namun aku mencari jalan lain dengan cara menjual pulsa secara sembunyi-sembunyi.
Sepandai-pandai orang menyimpan bangkai pasti akan tercium baunya, sepandai-pandai orang menyimpan rahasia pasti akan terbongkar juga. Hal itulah yang terjadi dengan cara yang ku lakukan, temanku yang menjual pulsa akhirnya mengetahui bahwa aku juga menjual pulsa. Ku pikir temanku akan memberi respon yang negatif terhadap ku, tapi ternyata dia malah mengajakku untuk bersaing secara sehat dalam bisnis pulsa ini.
Sejak saat itulah aku mulai menjalankan bisnis secara terang-terangan. Namun bisnis ku ini berbeda dengan yang lain, karena bisnisku tidak berada disuatu tempat, layaknya conter-conter pulsa lainnya. Bisnis ini ku lakukan dimanapun dan kapanpun, sehingga orang-orang menyebutku dengan conter berjalan. Namun hal itu bisa bermanfaat bagi teman-temanku yang sedang sibuk atau sedang membutuhkan, karena tidak perlu keluar rumah untuk membeli pulsa, tinggal kirim pesan (sms) ke aku, pulsa pun akan terkirim dengan segera, pembayarannya dilakukan ketika kita bertemu. Tapi ini berlaku untuk orang-orang yang sudah ku kenal.
Empat bulan pertama aku menjalankan bisnis pulsa ini, banyak orang yang membeli pulsa namun aku merasa belum mendapatkan hasil, hal ini disebabkan pengelolaan uang yang tidak teratur, uang yang masuk dengan uang pribadi  tercampur menjadi satu, sehingga aku tidak mengetahui antara uang pribadiku dan uang pulsa.
Seperti inilah ketika bisnis tidak direncanakan dengan matang, maka kita belum siap untuk menghadapi masalah yang akan terjadi. Jadi alangkah lebih baiknya sebelum menjalankan bisnis kita harus merencanakan secara matang tentang bisnis kita, mulai dari melihat keinginan pasar, melihat pesaing, cara mengatur administrasi yang baik dan benar serta masih banyak yang perlu diperhatikan sebelum menjalankan bisnis.
            Jika melihat pasar, semua orang berkeinginan untuk mendapatkan kepuasan, baik masalah pelayanan saat membeli, harga yang terjangkau dan yang utama pulsa terkirim dengan cepat. Dalam administrasi pun juga harus diperhatikan, meskipun dibilang bisnis ini adalah bisnis kecil namun ternyata sistem akuntansi juga dibutuhkan. Hal ini sangat berfungsi agar mengetahui berapa pengeluaran dan pemasukan setiap bulan.
            Setelah mengetahui itu semua aku mencoba mempraktekkan ilmu yang telah aku dapat, meskipun menggunakan sistem akuntansi sederhana tapi ini sangat bermanfaat buat bisnisku. Aku hanya menggunakan rekening-rekening biasa yang mudah untuk dikerjakan seperti kas, piutang, hutang, penjualan, pembelian dan prive.
            Ketika ada seorang pembeli, nomor dan harga pembelian langsung aku masukkan ke dalam buku transaksi. Agar mengetahui penjualan ku pada hari itu, aku kalkulasi nominal-nominal transaksi pada hari itu. Setelah diketahui total penjualannya ku masukkan ke dalam jurnal umum, disini semua rekening-rekening ku ketahui semua, ketika menjual pulsa sekian maka berapa uang yang masuk ke kas dan berapa yang menjadi piutang.
            Langkah selanjutnya memperinci semua rekening-rekening di dalam buku besar, tujuannya agar mengetahui secara detail total dari masing-masing rekening baik kas, piutang, hutang, penjualan dan pembelian. Dalam memasukkan rekening-rekening dari jurnal umum ke dalam buku besar kita harus sangat teliti dan hati-hati, jangan sampai terjadi kesalahan dalam memasukkan dan menjumlahnya karena dapat merugikan kita.
            Tahap pencatatan tidak sampai itu, namun masih ada perlu dilakukan, yakni memasukkannya ke dalam neraca, yang mana fungsi dari neraca menggambarkan posisi keuangan kita pada saat tertentu. Neraca biasanya berisi kas, piutang, penjualan, pembelian dan sebagainya. Tahap selanjutnya adalah memasukkannya ke dalam laporan rugi laba. Kita ketahui bersama bahwa tujuan dari bisnis adalah mendapatkan laba. Laporan ini aku susun dengan maksud menggambarkan keberhasilan atau kegagalan ku dalam mencapai tujuan yaitu keuntungan yang besar.
            Sebelum memasuki periode berikutnya maka laporan ini ku akhiri dengan membuat laporan perubahan modal, disini ku ketahui berapa modal sebelumnya dan modal yang akan ku gunakan di periode berikutnya.
            Aku merasa setelah melakukan proses pencatatan ini sangatlah membantu dalam bisnisku, mulai sekarang aku dapat mengawasi bisnisku dengan mudah. Dan aku pun dapat mengetahui apakah pada periode itu aku berhasil atau gagal dalam mencapai tujuanku.
            Dari sini aku juga belajar bahwa dalam menjalankan bisnis itu harus benar-benar direncanakan dengan matang dan siap dalam menghadapi problem yang akan terjadi. Dan melakukan proses pencatatan kita harus sangat cermat, teliti dan hati-hati karena jika tidak maka kesalahan sedikitpun dapat memberi dampak yang besar bagi bisnis kita.
Namun perlu diingat bahwa sistem akuntansi terkadang berbeda-beda, tergantung jenis bisnis yang dijalankan. Dan ketika kita sudah menemukan sistem akuntansi yang sesuai dengan bisnis kita, kita dapat membuat software sendiri, yang nantinya dapat lebih memudahkan kita dalam menjalankan bisnis.  

Oleh karena itu setiap bisnis yang kita jalankan, baik itu bisnis kecil maupun bisnis besar, kita harus melakukan sistem akuntansi atau pencatatan, meskipun cara-cara yang digunakan sangat sederhana, karena itu lebih baik dari pada tidak sama sekali. Dengan itu kita akan mengetahui hasil yang kita peroleh pada periode tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar