Tentang

------------ Selamat datang di Blog kami yang sederhana ini ------------ SEMOGA BERMANFAAT. --- Identitas Pemilik Blog ------ Nama : Afif Fuaidi ------ Alamat Rumah : Payaman - Andonosari - Nongkojajar - Pasuruan ------ Facebook : Afif Fuaidi bin Mahfudz ------ Instagram : Apiep_5 (Afif Fuaidi) ---

Kamis, 18 Juni 2020

Contoh LAPORAN PRAKERIN (PRAKTER KERJA INDUSTRI) SMK DARUT TAQWA PURWOSARI di PERCETAKAN


LAPORAN PRAKERIN (PRAKTER KERJA INDUSTRI)
SMK DARUT TAQWA PURWOSARI
di PERCETAKAN

BAB 1
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
            Sejarah era baru yang belakangan ini marak di perbincangkan baik di dalam maupun diluar negeri, Perusahaan adalah salah satu pelaku ekonomi yang berperan besar dalam peningkatan daya saing internasional mau internasional guna menghadapi era pasar bebas dunia.
Tujuan diadakanya prakering yaitu menjadi Siswa/I dapat lebih bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan mampu bekerja sesuai bidangnya. Pelaksanaan praktek kerja industri ( prakering ) adalah sebuah pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di Dunia Usaha atau Dunia Industi yang relefan dengan kompetensi keahlian yang dimiliki nya masing-masing,dalam upaya meningkatkan mutu sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan juga menambah bekal untuk masa-masa mendatang  guna memasuki dunia kerja yang semakin banyak serta ketat dalam persaingan seperti saat ini, selain itu dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, banyak peralatan baru yang diciptakan guna menunjang banyaknya permintaan produksi barang atau jasa yang menimbulkan perubahan mendasar untuk mendapat pekerja, sehinga tenaga kerja ditutut bukan hanya memiliki kemampuan teknis belaka, tetapi juga harus lebih fleksibel dan berwawasan lebih luas, inovatif serta didukung dengan dengan keterampilan yang komponen, maka dengan adanya kegiatan prakering siswa dan siswi dapat mengasah dan juga mengimplemasikan materi yang didapatkannya di sekolah langsung kedunia usaha atau dunia industri yang relevan dengan kemampuannya masing-masing.
Dalam upaya untuk mewujudkan Visi dan Misinya, SMK Darut Taqwa Purwosari melaksanakan berbagai kegiatan demi menjadi siswa dan siswa yang siap memasuki dunia kerja dan dunia industri (DU/DI), tentunya hal itu tidak dapat diraih dengan mudah,

1.2 Tujuan Prakerin :
Ø  Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional di bidang teknologi,  Serta memiliki keterampilan dan etos yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja
Ø  Memperbolehkan link and matc ( keterikatan dan kesepadanan ) antara sekolah dan dunia usaha.
Ø  Meningkatkan efisien proses pendidikan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas profesional.
Ø  Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai dari proses belajar.
  
1.3 Manfaat Prakerin
Ø  Bagi Perusahaan/Industri/Instansi:
 Bagi perusahaan akan mengenal secara las kualitas lulus SMK sehingga menjadi calon karyawan akan mudah diperoleh, selain itu pemakaian lulusan smk dapat membina calon karyawannya sedini mungkin.
Ø  Bagi Sekolah :
Sekolah akan mendapat masukan dari pemakai lulusnya, sehingga bahan ajaran di sekolah dapat di perluas dan di perdalam sehingga sesuai dengan tuntutan Dunia Usaha/Dunia Industri
Ø  Bagi Siswa :
Keahlian profesi yang di peroleh melalui prakerin dapat rasa percaya diri dapat mendorong mereka untuk meningkatkan keahlian profesinya pada tingat yang lebih tinggi.

1.4 Waktu Pelaksanaaan
            Berdasarkan surat edaran dari sekolah dijelaskan lamanya pelatihan di Dunia Usaha/Dunia Industri atau Instansi pasangan adalah minimal empat  bulan  Mulai tanggal 25 juli sampai dengan 27 November, saya mulai melaksanakan prakerin disalah satu industri yaitu CRYSTAL DIGITAL PRINTING, Jl. Pahlawan Sunaryo A7. Tepatnya di kota Pandaan


BAB II
PROFIL
2.1 PROFIL DU/DI
NAMA                        : CRYSTAL DIGITAL PRINTING
ALAMAT                   : JL. Pahlawan Sunaryo A7,Pandaan
            DIDIRIKAN TGL     : 26 Juli 2014
            PEMILIK                   : Achmad Qusyairi
            E-MAIL                      : crystal_printing@yahoo.com

2.2 Sejarah Perusahaan
CRYSTAL DIGITAL PRINTING  Berdiri tanggal 26 juli 2014, yang didirikan oleh pasangan suami istri yang bernama RIDA LAILIA  dan ACMAD QUSYAIRI .dulu belum adanya CRYSTAL DIGITAL PRINTING yang ada hanya lah LORENZA di Suwayuwo setelah berjalan lama ordernya banyak dan ternyata customer dari pandaan banyak lalu pasangan suami istri ini berinisiatif untuk membuka percetakan di pandaan yang di beri nama CRYSTAL DIGITAL PRINTING dan membuka lapangan kerja untuk orang-orang yang  berada di pandaan dan sampai sekarang al hasil percetakan semakin ramai dan semakin  berkembang
 Ada beberapa karyawan yang bekerja di CRYSTAL DIGITAL PRINTING yaitu Wahyuni Rahma Nita sebagai Desain dan Eko Setiawan sebagai monitor mereka bekerja mulai jam 08.00 pagi sampai jam 20.00 malam, di CRYTAL DIGITAL PRINTING ini ada beberapa mesin seperti mesin A3+,mesin Banner, mesi Cuting Stiker,Mesin Laminsi,Mesin Laminating,dan mesin lainya.Crystal juga mempunyai keahlian seperti , buat buku nota, buku yasin, kartu nama, id card, sablon, dll.Dan itu tentang sejara CRYSTAL DIGITAL PRINTING yang berada di Pandaan.

  
2.3 Biodata
            Nama                 : Devi Maimatul Lutfi L
            Kelas                  : XI MM 3
            Tempat tgl lahir : Pasuruan , 3 Mei 2003
            Alamat                : Krai Tambaksari
            Jenis kelamin      : Perempuan
            No.tlp                  : 085733181360
            E-mail                  : Dhevy67@gmail.com
`           Prakerin               : CRYSTAL
            Program keahlian :  Multimedia
                                            Teknik Komputer Jaringa
                                             Teknik Kendaraan Ringan
                                              Teknik Sepeda Motor
           

2.4 STRUKTUR ORGANISASI
1.1 GAMBAR STRUKTUR



2.5 Kegiatan Instansi/Perusahaan
1.Finshing Banner
2. Cetak A3+
3. Input A3+
4. Laminasi
5. Laminating
6.Korporasi
7.Set Nota
8.Finishing Buku
9. Finishing Kartu Nama
10. Finishing  Undangan

2.6 Alat yang digunkan
            1. Mesin Banner
            2. Mesin A3+
            3. Mesin laminasi
            4. Mesin laminating
            5. Mesin print A4



BAB III
WAKTU PELAKSANAAN

3.1 TEMPAT PELAKSANAAN
Pandaan,JL. Pahlawan Sunaryo A7 Pandaan, di CRYSTAL DIGITAL PRINTING dekat pasar senggol.

3.2 WAKTU PELAKSANAAN
Nama
Sif Masuk
Devi Maimatul lutfi Latifa
Pagi  08.00 – 13.00
Muthmainnah
Pagi  08.00 – 13.00
Mukhammad Mufid
Siang 12.30 – 17.00
Oktariandi Dwi Krisna
Siang 12.30 – 17.00
Fathur Rohman
Siang 12.30 – 17.00


3.3 PENGERTIAN PERCETAKAN
Percetakan adalah sebuah proses industri untuk memproduksi secara massal tulisan dan gambar, terutama dengan tinta di atas kertas menggunakan sebuah mesin cetak. Dia merupakan sebuah bagian penting dalam penerbitan dan percetakan transaksi.

Banyak buku, koran, brosur, flyer dan majalah sekarang ini biasanya dicetak menggunakan teknik percetakan offset. Image yang akan dicetak di print di atas film lalu di transfer ke plat cetak. Warna-warna bisa didapatkan dengan menimpakan beberapa pola warna dari setiap pelat offset sekaligus.

Teknik percetakan umum lainnya termasuk cetak relief, sablon, dan percetakan berbasis digital seperti pita jarum, inkjet, dan laser.Dikenal pula teknik cetak poly untuk pemberian kesan emas dan perak ke atas permukaan dan cetak emboss untuk memberikan kesan menonjol kepada kertas.
  
3.4.1 APLIKASI Yang digunakan
        3.4 Pengertian CorelDraw adalah sebuah program komputer yang melakukan editing pada garis vektor. Program ini dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan software yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada. Corel draw memiliki kegunaan untuk mengolah gambar, oleh karena itu banyak digunakan pada pekerjaan dalam bidang publikasi atau percetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.

        3.5Keunggulan program CorelDraw
       Suatu program yang baik tentu saja memiliki keunggulan yang signifikan. beberapa keunggulan program Corel Draw antara lain adalah: Gambar yang dihasilkan dengan vektor atau berbasis vektor bisa ditekan pada tingkat yang paling rendah namun hasilnya tidak kalah dengan gambar yang berbasis bitmap atau raster.  Penggunaan Corel Draw, terutama pada tool-tool yang ada di dalamnya sangat mudah dipahami oleh penggunanya, bahkan oleh orang yang baru pertama menggunakannya. Corel Draw sangat baik untuk mengkolaborasikan antara tulisan dengan gambar, seperti layaknya Adobe Potoshop. Banyaknya pengguna Corel Draw, membuat adanya komunitas dengan jumlah anggota yang besar. Hal ini akan membuat kita tidak kesulitan jika ingin mempelajari Corel Draw lebih mendalam karena banyak ditemukan tutorial, tips dan trik yang diproduksi oleh pengguna lain.

    3.6 Kegunaan CorelDraw
        Program Corel Draw seringkali dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan dibawah ini, yaitu:
  1.      Menciptakan desain logo atau simbol, yang mana ini adalah kegunaan Corel Draw yang paling banyak dimanfaatkan oleh penggunanya, terutama pembuatan logo dua dimensi karena kemudahannya dalam mengolah garis dan warna.
  2.     Membuat desain undangan, brosur dan lain-lain juga menjadi suatu kegunaan dari program Corel Draw. Media publikasi offline lainnya juga menggunakan Corel Draw sebagai alat untuk mendesain. Corel Draw memiliki banyak jenis font yang dapat memudahkan desainer untuk mengeksplorasi imajinasi desain dan tulisan yang akan dibuat.
  3.     Membuat cover buku juga dapat dilakukan di Corel Draw. Dengan Corel Draw maka tugas desain akan menjadi mudah karena dapat memanfaatkan desain sampul dan teknik pewarnaan yang lebih sempurna oleh Corel Draw. Detail gambar pun akan terlihat lebih jelas.
  4.      Pembuatan gambar ilustrasi juga dapat dilakukan dengan Corel Draw. Gambar yang dihasilkan lebih berkualitas, terutama ketika berhubungan dengan lengkungan, garis atau sudut. Ukuran yang diperoleh dijamin sangat akurat

 3.7    Bagian-Bagian Program CorelDraw X5
Bagian – bagian pada Corel draw tidak terlalu banyak kurang lebih 14 bagian yang ada.
1. Title Bar Bagian ini berguna untuk menampilkan judul aplikasi yang kita operasikan.
2. Menu Bar Bagian ini merupakan barisan menu yang ada, antara lain : File, Edit, Layout, Type, Element, Utilities, View, Window serta Help.Toolbar Sebuah kumpulan perintah yang bertujuan agar kita lebih mudah menggunakannya.
   3. Toolbar Standardtoolbar terletak di bawah menu bar. Pada standard toolbar, sistem meletakkan simbol proses cepat. 
     4.Property Bar
Bagian baris berisi perintah – perintah tertentu. Property Bar ini sangat unik di banding yang lain, karena tampilan Property Bar terus berubah – ubah dan semua perintah akan berganti jika icon yang aktif berganti.
      5.Window Control
Beberapa tombol yang berfungsi untuk mengatur tampilan window Corel draw, seperti Minimize, Maximize, Restore dan Close.Toolbox
Bagian ini mempunyai alat – alat yang berperintah pada objek, seperti : membuat objek, mengisi objek atau pun memodifikasi sebuah objek.
       6.Toolbox
Merupakan barisan tool yang digunakan untuk membuat, mengedit, mengatur gambar pada lembar kerja CorelDRAW.
       7.Drawing Window
Ini juga mempunyai fungsi sebagai alat untuk memodifikasi satu objek yang kita inginkan dan Drawing Window ini wilayah luar dari pada Drawing Page.
       8.Drawing Page
Di wilayah ini lah kita akan bekerja untuk sesuatu yang kita inginkan, yang mana wilayah ini biasanya berbentuk persegi panjang. Jika gambar berada di dalam wilayah Drawing Page maka gambar itu dapat kita cetak. Sering orang bilang Drawing Page ini sebagai Printable Area.
      9.Ruler
Ini mempunyai fungsi yang sangat kita perlukan yaitu membantu kita mengukur dalam menggambar agar kita mengerjakan halaman Corel draw lebih mudah. Tanpa ada ruler kita kesulitan dalam membagi sebuah Page yang kita gunakan.
10.  Color Palette
Bagian ini yang mendukung kita dalam mempercantik gambar atau desain yang kita kerjakan, karena di bagian inilah warna – warna yang kita butuhakan berada. Jika tidak ada Color Palette kita kita tidak akan mewarnai gambar kita, maka gambar tidak menarik perhatian orang meskipun desain itu cukup bagus.

     
11.  Document Navigator
Ini terletak di kiri bagian bawah Drawing window yaitu berisikan alat Control agar halaman dapat berpindah dari halaman gambar satu ke halaman gambar berikutnya.
      12.  Status Bar
Bagian ini bertujuan untuk menyampaikan informasi posisi kursor berada dan operasi apa yang kita jalankan.
      13.  Navigator
Tombol berguna untuk Open Drawing window dengan ukuran minimalis. Tombol ini terletak di bawah pojok kanan dan bisa membantu kita dalam bergerak ke gambar yang kita kerjakan.
      14.  Docker
Bagian ini mempunayi perintah dan sangat simpel fungsinya hanya mengatur secara relevan pada tool – tool tertentu saja.

3.8 Operasi Dasar Corel Draw
a.                 Objek Garis
Pada sistem Corel Draw X4 objek garis dapat dibentuk melalui curve tool yang terdapat pada fasilitas toolbox. Dan adapun sub alat yang terdapat pada fasilitas toolbox yaitu :

1.Freehand Tool
:
Alat ini digunakan untuk membentuk beragam garis lurus atau garis yang tidak beraturan.
2.Bezier Tool
:
Alat ini digunakan untuk membentuk beragam garis lurus dan garis yang tidak beraturan secara bersamaan.
3.Artistik Media Tool
:
Alat ini digunakan untuk membentuk berbagai objek garis.
4.Pen Tool
:
Penggunaan alat ini hampir sama dengan penggunan Bezier Tool.
5.Polyline Tool
:
Penggunaan alat ini hampir sama dengan penggunaan Freehand Tool.
6.Point Curve Tool
:
Alat ini digunakan untuk membentuk garis melingkar dengan cepat dan mudah.
7.Connector Tool
:
Alat ini digunakan untuk
menghubungkan beberapa objek gambar. Misalnya membentuk garis penghubung alur diagram.
8.Dimension Tool
:
Alat ini digunakan untuk membentuk garis dimensi seperti garis vertikal, horizontal, diagonal

 

b.                Objek Gambar


Di dalam Corel Draw, berbagai bentuk gambar yang kita inginkan dapat kita buat. Dan berikut ini merupakan fasilitas yang terdapat dalam toolbox yang dapat kita gunakan untuk membuat berbagai bentuk yang kita inginkan :

1.Rectangle  
   Tool
:
Alat ini digunkan untuk membentuk objek persegi panjang atau persegi.
2.Ellipse  
   Tool
:
Alat ini digunakan untuk membentuk objek lingkaran.
3.Object
   Tool
:
Alat ini dapat mempermudah atau mempercepat proses pembentukan objek berbentuk bintang, polygon, spiral, tabel dsb.
4.Perfect Shape
   Tool
:
Alat ini digunakan untuk membentuk berbagai objek gambar spesifik secara mudah dan cepat. Misalnya dalam membuat objek jajar genjang, balon, simbol diagram alur, panah dsb.
5.Table Tool
:
Alat ini digunakan untuk membuat tabel dalam format persegi atau persegi panjang. Tabel ini tidak hanya dapat dimasukkan tulisan/teks tetapi juga dapat dimasukkan gambar kedalamnya.

c.                 Objek Teks


Objek teks merupakan unsur yang paling sering digunakan pada rancangan grafis. Ada yang membuatnya sebagai logo, teks artistik bahkan mengubah objek teks menjadi objek gambar. Dan objek teks ini dapat dibuat melalui text tool yang terdapat dalam tool box. Dan setelah itu objek dapat diproses melalui pick tool sehingga dapat membentuk bayangan dan sebagainya.

    d.                Warna

Pilihan warna terdapat dalam color palette. Namun ada bebrapa cara untuk memberi warna pada objek gambar/teks yaitu :


     1.  Fill & Outline
:
Pada fasilitas tool box, sistem menyediakan fill tool untuk mengatur isi objek gambar / teks. Sedangkan untuk mengatur garis pembentuknya sistem menyediakan outline tool.
2.Eyedropper & Paint Bucket Tool
:
Eyedropper tool digunakan untuk mengambil spesifikasi warna atau atribut (property, transformation, dan effect) suatu objek gambar / teks . setelah itu digunakan paint bucket tool untuk menyalin adata tersebut pada objek gambar / teks lainnya.
3.Smart Fill Tool
:
Tool ini dapat mengisi warna pada sembarang bidang tertutup.

 

e.                 Objek Artsitik


Objek artistik dapat berupa teks atau gambar. Dengan menggunakan alat tertentu, suatu objek gambar / teks dapat terlihat berbeda dari biasa. Dan objek artistik tersebut terdiri dari :

2.      Artistik
(objek gambar)
:
Gambar artistik yang dihasilkan melalui artistic media tool adalah seperti sketsa gambar. Dan penggunaannya sama dengan embuat garis artistik untuk objek teks.
3.      Efek Distorsi
:
CorelDRAW menyediakanldidalam  Efek distorsi dapat diaplikasikan untuk objek gambar / teks sehingga dapat terlihat lebih artistik.
4.    Smudge Brush
       (objek baru)
:
Melalui , suatu sisi objek gambar dapat ditarik sehingga akan membentuk gambar yang baru sesuai dengan keinginan. Dan sub alat ini dapat diakses melalui shape edit tool.




3.9 Cara input A3+
1.       Pilih file

Gambar 3.1 pilih file

  1. Klik “p”

3.2 gambar klik “P” untuk menengahkan


3. Lalu klik prefences – pilih tray dan kertas

                                                Gambar 3.3 cara input A3


4.Lalu klik aplyy- ok - print

Gambar 3.4  langkah-langkah

3.10 Cara Desain
 1. Cara Desain

Gambar 4.1 Buka aplikasi Corel Draw
 2.New Documen
Gambar 4.2 New Documen
  3. Buat kotak pada Corel Draw 

Gambar 4.3 buat kotak atau garis
 4. Mulai desai sesuai kemauan

Gambar 4.3 Membuat desain
    5.Pilih Background
Gambar 4.4 Memilih Background
  6.Letakan Desain yang sesuai

Gambar 4.5 Meletakan Desain
 7.Desain

Gambar 4.6 Desain
8.Desain jadi


Gambar 4.7 Lalu JPG
3.11.Cara Print
  1. Pastikan Kamu masih membuaka file dokumen yang hendak di cetak
  2. Tekan Ctrl + P untuk membuka perintah Print
  3. Pada jendela print, pastikan name sudah terisi sesuai dengan merk printer yang dipakai.
  4. Pada page range atur halaman yang hendak dicetak.
  5. Pilih All  untuk mecetak semua halaman.
  6. Pages, untuk memilih halaman tertentu untuk dicetak. Masukan nomer halaman yang hendak dicetak.
  7. current page untuk untuk memilih halaman yang sedang aktip ( tempat kursor berada).
  8. Pada Copies, atur berapa jumlah masing- masing halaman tersebut dicetak.
  9. Untuk mengatur ukuran kertas pada printer, klik properties. Pada jendela yang muncul ubah ukuran kertas pada pilihan size.



3.12. Cara Laminasi
  • Panaskan mesin terlebih dahulu
  • Lalu takan tombol auto
  • Tunggu samapi lampu kuning menjadi merah
  • Setelah itu jalankan mesin
  • Dan jalankan yang akan dilaminasi
  • Lalu potong kertas yang sudah dilaminasi    


3.13 Cara Laminating
  1. Tekan tombol on/off untuk menghidupkan mesin. Jika telah menekan tombol on/off  namun mesin tampak tidak berfungsi, coba periksa tombol siaga yang fungsi nya untuk membuat mesin dalam keadaan stand by/hibernasi.
  2. Untuk mulai menggunakannya, tunggu sekitar 10 menit sampai mesin panas. Biasanya terdapat lampu indikator yang menjadi petunjuk saat mesin sudah panas dan siap digunakan.
  3. Pilih kecepatan mesin laminating dengan menyesuaikan kertas yang dipakai. Untuk kertas-kertas yang tebal seperti karton gunakan pengaturan laminating yang lebih lambat dibandingkan kertas tipis seperti kertas HVS.
  4. Lapisi kertas atau dokumen dengan plastik pelapis khusus untuk laminasi. Untuk menghindari plastik laminasi lengket pada mesin laminating, sebaiknya lapisi lagi permukaan atas plastik laminating dengan kertas HVS

3.14 Fhising Banner
  • Ambil banner yang sudah dicetak
  • Lalu dilem atas bawah samping
  • Setelah itu plong tiap ssisi atau permeter

3.15 Cara Korporasi
1.      Siapkan kertas yang akan dijahit
2.      Lalu nyalakn mesin
3.      Persiapkan kertas yang akan dijahit dibawah jarum mesin jahit
4.      Lalu jalankan mesi

        

BAB IV
PEMBAHASAN

4.1 Laporan Kegiatan Siswa Secara Berkala
a. Nama : [Devi Maimatul Lutfi Latifa]
                                                Tabel 4.1 Kegiatan Siswa
KEGIATAN SECARA BERKALA
No
Nama kegiatan
Juli
Agustus
September
Oktober
November
1.
Finishing banner

















2.
Cetak A3+

















3.
Input A3+

















4.
Laminasi

















5.
Laminating

















6.
Korporasi

















7.
Set nota

















8.
Finishing buku

















9.
Finishing kartu nama

















10.
Finishing undangan



















Finishing Banner

Cetak A3+

Input A3+

Laminasi

Laminating

Koporasi

Ngeset nota

Finishing buku

Finishing kartu nama

Finishing undangan


  
BAB V
PENUTUP

5.1 Kesimpulan Prakerin
    Setelah saya pelajari tentang aktivitas yang saya lakukan selama melaksanakan prakerin,yang saya laksanakan di CRYSTAL DIGITAL PRINTING Dengan diadakanya prakerin,kami dapat mengenal lebih dalam tentang ilmu pengetahuan dalam Dunia Usaha.

1.      Prakerin mampu membuat siswa lebih memahami arti kedisiplinan dan tanggung jawab.
2.      Dengan prakerin ini saya dapat meningkatkan kemampuan dalam diri kita.
3.      Dengan di adakanya Prakerin kami bisa lebih memahami bagaimana situasi dalam Dunia Usaha dan Dunia Sekolah.
4.      Dengan prakerin ini kami dapat mengetahui hasil kemampuan selama prakerin di Dunia Usaha.
5.      Dapat berinteraksi dengan orang-orangyang memiliki jabatan yang cukup tinggi di instansi tersebut dan itu merupakan suatu kebangaan tersendiri buat kami.
6.      Merupakan pengalaman yang tidak akan saya lupakan.

5.2 Saran
5.2.1 Saran untuk sekolah :
Adapun saran-saran untuk sekolah yang dapat saya simpulkan antara lain :
1.      Agar memberikan bakal ilmu yang lebih luas bagi siswa pada saat melaksanakan
                Prakerin.
2.      Diharap agar pembimbing diberikan kepada siswa sehingga mempunyai jadwal khusus,mengingatkan pentingnya nasehat atau pembekalan bagi siswa yang melaksanaka PRAKERIN.
3.      Meningkatkan daya pikir dan mental siswa, pihak sekolah harus senantiasa
memberikan dorongan dalam melaksanakan prakerin.
4.      Berusaha agar tidak putus asa dalam menghadapi segala persoalan ataumasalah.
5.      Tingkatkan bakat dan keahlian yang ada.






6.2.2 Saran Untuk Perusahaan :
Berdasarkan pengalaman yang saya alami selama mengikuti kegiatan prakerin di CRYSTAL DIGITAL PRINTING saya dapat menyimpulkan antara lain :
1.      Kepada pembimbing perusahaan agar dapat membimbing dan mengajarkan siswa lebih jauh lagi kedalam divisi yang ditepatkan diperusahaan sehingga pekerja yang di berikan perusahaan dapat lebih mudah dipahami.
2.      Penempatan siswa pada saat melaksanakan PRAKERIN di usahakan sesusai dengan jurusan ilmu yang dimiliki siswa.
3.      Koordinasi antara pihak industri,sekolah,dan siswa diharapakan lebih ditingkatkan agar pelaksanaaan PRAKERIN dan pembuatan laporan pertanggung jawaban bisa berjalan lancar.
4.      Diharapkan pihak industri lebih mengarahkan pada satu atau beberapa bidang pekerjaan yang tetap sehingga siswa lebih terarah dan memahami serta menguasai bidang tersebut.

7.3 Kendala-Kendala Selama Praktek Kerja Industri (Prakerin)
            Kendala-kendala yang saya alami selama mengikuti kegiatan prakerin antara lain :
1.      Ketika pertama kali diberi tugas, kami mendapat kesulitan.
2.      Jarak tempuh dari asrama sampai tempat prakerin cukup jauh.
3.      Sering mengalami kemacetan saat berangkat ke tempat prakerin.
4.      Pengeluaran biaya transportasi bertambah.
5.      Ketika print out A3 terkadang terjadi kemacetan pada mesin dikarenakan kertas yang menyangkut didalam mesin.
6.      Ketika finishing terjadi kesalahan dalam pemotongan batas-batas.
7.      Masih belum dapat kepercayaan untuk memakai mesin banner.
8.      Kebanyakan jam nganggur.
9.      Masi belum diajari banyak hal tentang desain.
10.   Kekurangan alat-alat yang digunakan.


5.1 Lampiran

    

                                                            
                                                                        Gambar Proses Laminasi

          
                                                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar