LAPORAN PRAKERIN (PRAKTER KERJA INDUSTRI)
SMK DARUT TAQWA PURWOSARI
di PERCETAKAN
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Sejarah era baru yang belakangan ini
marak di perbincangkan baik di dalam maupun diluar negeri, Perusahaan adalah
salah satu pelaku ekonomi yang berperan besar dalam peningkatan daya saing
internasional mau internasional guna menghadapi era pasar bebas dunia.
Tujuan diadakanya prakering yaitu menjadi Siswa/I dapat
lebih bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan mampu bekerja sesuai
bidangnya. Pelaksanaan praktek kerja industri ( prakering ) adalah sebuah
pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di Dunia Usaha atau Dunia Industi
yang relefan dengan kompetensi keahlian yang dimiliki nya masing-masing,dalam
upaya meningkatkan mutu sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan juga menambah bekal
untuk masa-masa mendatang guna memasuki
dunia kerja yang semakin banyak serta ketat dalam persaingan seperti saat ini,
selain itu dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, banyak
peralatan baru yang diciptakan guna menunjang banyaknya permintaan produksi
barang atau jasa yang menimbulkan perubahan mendasar untuk mendapat pekerja,
sehinga tenaga kerja ditutut bukan hanya memiliki kemampuan teknis belaka,
tetapi juga harus lebih fleksibel dan berwawasan lebih luas, inovatif serta
didukung dengan dengan keterampilan yang komponen, maka dengan adanya kegiatan
prakering siswa dan siswi dapat mengasah dan juga mengimplemasikan materi yang
didapatkannya di sekolah langsung kedunia usaha atau dunia industri yang
relevan dengan kemampuannya masing-masing.
Dalam upaya untuk mewujudkan Visi dan Misinya, SMK Darut
Taqwa Purwosari melaksanakan berbagai kegiatan demi menjadi siswa dan siswa
yang siap memasuki dunia kerja dan dunia industri (DU/DI), tentunya hal itu
tidak dapat diraih dengan mudah,
1.2 Tujuan Prakerin :
Ø
Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian
profesional di bidang teknologi, Serta
memiliki keterampilan dan etos yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja
Ø
Memperbolehkan link and matc ( keterikatan dan kesepadanan
) antara sekolah dan dunia usaha.
Ø
Meningkatkan efisien proses pendidikan pelatihan tenaga
kerja yang berkualitas profesional.
Ø
Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman
kerja sebagai dari proses belajar.
1.3 Manfaat Prakerin
Ø
Bagi
Perusahaan/Industri/Instansi:
Bagi perusahaan
akan mengenal secara las kualitas lulus SMK sehingga menjadi calon karyawan
akan mudah diperoleh, selain itu pemakaian lulusan smk dapat membina calon
karyawannya sedini mungkin.
Ø
Bagi Sekolah :
Sekolah
akan mendapat masukan dari pemakai lulusnya, sehingga bahan ajaran di sekolah
dapat di perluas dan di perdalam sehingga sesuai dengan tuntutan Dunia
Usaha/Dunia Industri
Ø
Bagi Siswa :
Keahlian
profesi yang di peroleh melalui prakerin dapat rasa percaya diri dapat
mendorong mereka untuk meningkatkan keahlian profesinya pada tingat yang lebih
tinggi.
1.4 Waktu Pelaksanaaan
Berdasarkan
surat edaran dari sekolah dijelaskan lamanya pelatihan di Dunia Usaha/Dunia
Industri atau Instansi pasangan adalah minimal empat bulan
Mulai tanggal 25 juli sampai dengan 27 November, saya mulai melaksanakan
prakerin disalah satu industri yaitu CRYSTAL DIGITAL PRINTING, Jl. Pahlawan
Sunaryo A7. Tepatnya di kota Pandaan
BAB
II
PROFIL
2.1 PROFIL DU/DI
NAMA :
CRYSTAL DIGITAL PRINTING
ALAMAT :
JL. Pahlawan Sunaryo A7,Pandaan
DIDIRIKAN
TGL : 26 Juli 2014
PEMILIK : Achmad Qusyairi
E-MAIL :
crystal_printing@yahoo.com
2.2 Sejarah Perusahaan
CRYSTAL DIGITAL PRINTING
Berdiri tanggal 26 juli 2014, yang didirikan oleh pasangan suami istri
yang bernama RIDA LAILIA dan ACMAD
QUSYAIRI .dulu belum adanya CRYSTAL DIGITAL PRINTING yang ada hanya lah LORENZA
di Suwayuwo setelah berjalan lama ordernya banyak dan ternyata customer dari
pandaan banyak lalu pasangan suami istri ini berinisiatif untuk membuka
percetakan di pandaan yang di beri nama CRYSTAL DIGITAL PRINTING dan membuka
lapangan kerja untuk orang-orang yang
berada di pandaan dan sampai sekarang al hasil percetakan semakin ramai
dan semakin berkembang
Ada beberapa
karyawan yang bekerja di CRYSTAL DIGITAL PRINTING yaitu Wahyuni Rahma Nita
sebagai Desain dan Eko Setiawan sebagai monitor mereka bekerja mulai jam 08.00
pagi sampai jam 20.00 malam, di CRYTAL DIGITAL PRINTING ini ada beberapa mesin
seperti mesin A3+,mesin Banner, mesi Cuting Stiker,Mesin Laminsi,Mesin Laminating,dan
mesin lainya.Crystal juga mempunyai keahlian seperti , buat buku nota, buku
yasin, kartu nama, id card, sablon, dll.Dan itu tentang sejara CRYSTAL DIGITAL
PRINTING yang berada di Pandaan.
2.3 Biodata
Nama
: Devi Maimatul Lutfi L
Kelas : XI MM 3
Tempat tgl lahir :
Pasuruan , 3 Mei 2003
Alamat : Krai Tambaksari
Jenis kelamin : Perempuan
No.tlp : 085733181360
E-mail : Dhevy67@gmail.com
` Prakerin : CRYSTAL
Program keahlian : Multimedia
Teknik Komputer Jaringa
Teknik Kendaraan Ringan
Teknik Sepeda Motor
2.4 STRUKTUR ORGANISASI
1.1
GAMBAR STRUKTUR
2.5 Kegiatan Instansi/Perusahaan
1.Finshing Banner
2. Cetak A3+
3. Input A3+
4. Laminasi
5. Laminating
6.Korporasi
7.Set Nota
8.Finishing Buku
9. Finishing Kartu Nama
10. Finishing Undangan
2.6 Alat yang digunkan
1. Mesin Banner
2. Mesin A3+
3. Mesin laminasi
4. Mesin laminating
5. Mesin print A4
BAB III
WAKTU PELAKSANAAN
3.1 TEMPAT PELAKSANAAN
Pandaan,JL. Pahlawan Sunaryo A7 Pandaan, di CRYSTAL
DIGITAL PRINTING dekat pasar senggol.
3.2
WAKTU PELAKSANAAN
Nama
|
Sif Masuk
|
Devi
Maimatul lutfi Latifa
|
Pagi 08.00 – 13.00
|
Muthmainnah
|
Pagi 08.00 – 13.00
|
Mukhammad
Mufid
|
Siang 12.30
– 17.00
|
Oktariandi
Dwi Krisna
|
Siang 12.30
– 17.00
|
Fathur
Rohman
|
Siang 12.30
– 17.00
|
3.3 PENGERTIAN PERCETAKAN
Percetakan
adalah sebuah proses industri untuk memproduksi secara massal tulisan dan
gambar, terutama dengan tinta di atas kertas menggunakan sebuah mesin cetak.
Dia merupakan sebuah bagian penting dalam penerbitan dan percetakan transaksi.
Banyak
buku, koran, brosur, flyer dan majalah sekarang ini biasanya dicetak
menggunakan teknik percetakan offset. Image yang akan dicetak di print di atas
film lalu di transfer ke plat cetak. Warna-warna bisa didapatkan dengan
menimpakan beberapa pola warna dari setiap pelat offset sekaligus.
Teknik
percetakan umum lainnya termasuk cetak relief, sablon, dan percetakan berbasis
digital seperti pita jarum, inkjet, dan laser.Dikenal pula teknik cetak poly
untuk pemberian kesan emas dan perak ke atas permukaan dan cetak emboss untuk
memberikan kesan menonjol kepada kertas.
3.4.1 APLIKASI Yang digunakan
3.4 Pengertian CorelDraw adalah sebuah program komputer yang melakukan editing
pada garis vektor. Program ini dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan software
yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada. Corel draw memiliki kegunaan untuk
mengolah gambar, oleh karena itu banyak digunakan pada pekerjaan dalam bidang
publikasi atau percetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan
proses visualisasi.
3.5Keunggulan
program CorelDraw
Suatu program yang baik tentu saja
memiliki keunggulan yang signifikan. beberapa keunggulan program Corel Draw
antara lain adalah: Gambar yang dihasilkan dengan vektor atau berbasis
vektor bisa ditekan pada tingkat yang paling rendah namun hasilnya tidak kalah
dengan gambar yang berbasis bitmap atau raster. Penggunaan Corel
Draw, terutama pada tool-tool yang ada di dalamnya sangat mudah dipahami oleh
penggunanya, bahkan oleh orang yang baru pertama menggunakannya. Corel
Draw sangat baik untuk mengkolaborasikan antara tulisan dengan gambar, seperti
layaknya Adobe Potoshop. Banyaknya pengguna Corel Draw, membuat adanya
komunitas dengan jumlah anggota yang besar. Hal ini akan membuat kita tidak
kesulitan jika ingin mempelajari Corel Draw lebih mendalam karena banyak
ditemukan tutorial, tips dan trik yang diproduksi oleh pengguna lain.
3.6 Kegunaan CorelDraw
Program Corel Draw seringkali
dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan dibawah ini, yaitu:
- Menciptakan desain logo atau simbol, yang mana ini adalah kegunaan Corel Draw yang paling banyak dimanfaatkan oleh penggunanya, terutama pembuatan logo dua dimensi karena kemudahannya dalam mengolah garis dan warna.
- Membuat desain undangan, brosur dan lain-lain juga menjadi suatu kegunaan dari program Corel Draw. Media publikasi offline lainnya juga menggunakan Corel Draw sebagai alat untuk mendesain. Corel Draw memiliki banyak jenis font yang dapat memudahkan desainer untuk mengeksplorasi imajinasi desain dan tulisan yang akan dibuat.
- Membuat cover buku juga dapat dilakukan di Corel Draw. Dengan Corel Draw maka tugas desain akan menjadi mudah karena dapat memanfaatkan desain sampul dan teknik pewarnaan yang lebih sempurna oleh Corel Draw. Detail gambar pun akan terlihat lebih jelas.
- Pembuatan gambar ilustrasi juga dapat dilakukan dengan Corel Draw. Gambar yang dihasilkan lebih berkualitas, terutama ketika berhubungan dengan lengkungan, garis atau sudut. Ukuran yang diperoleh dijamin sangat akurat
3.7 Bagian-Bagian
Program CorelDraw X5
Bagian
– bagian pada Corel draw tidak terlalu banyak kurang lebih 14 bagian yang ada.
1. Title Bar Bagian ini berguna untuk menampilkan
judul aplikasi yang kita operasikan.
2. Menu Bar Bagian ini merupakan barisan menu yang
ada, antara lain : File, Edit, Layout, Type, Element, Utilities, View, Window
serta Help.Toolbar Sebuah kumpulan perintah yang bertujuan agar kita lebih
mudah menggunakannya.
3. Toolbar
Standardtoolbar terletak di bawah menu bar. Pada standard toolbar, sistem
meletakkan simbol proses cepat.
4.Property
Bar
Bagian baris berisi perintah – perintah tertentu.
Property Bar ini sangat unik di banding yang lain, karena tampilan Property Bar
terus berubah – ubah dan semua perintah akan berganti jika icon yang aktif
berganti.
5.Window
Control
Beberapa tombol yang berfungsi untuk mengatur tampilan
window Corel draw, seperti Minimize, Maximize, Restore dan Close.Toolbox
Bagian
ini mempunyai alat – alat yang berperintah pada objek, seperti : membuat objek,
mengisi objek atau pun memodifikasi sebuah objek.
6.Toolbox
Merupakan barisan tool yang digunakan untuk membuat,
mengedit, mengatur gambar pada lembar kerja CorelDRAW.
7.Drawing
Window
Ini juga mempunyai fungsi sebagai alat untuk memodifikasi
satu objek yang kita inginkan dan Drawing Window ini wilayah luar dari pada
Drawing Page.
8.Drawing
Page
Di wilayah ini lah kita akan bekerja untuk sesuatu
yang kita inginkan, yang mana wilayah ini biasanya berbentuk persegi panjang.
Jika gambar berada di dalam wilayah Drawing Page maka gambar itu dapat kita
cetak. Sering orang bilang Drawing Page ini sebagai Printable Area.
9.Ruler
Ini mempunyai fungsi yang sangat kita perlukan yaitu
membantu kita mengukur dalam menggambar agar kita mengerjakan halaman Corel
draw lebih mudah. Tanpa ada ruler kita kesulitan dalam membagi sebuah Page yang
kita gunakan.
10. Color
Palette
Bagian ini yang mendukung kita dalam mempercantik
gambar atau desain yang kita kerjakan, karena di bagian inilah warna – warna
yang kita butuhakan berada. Jika tidak ada Color Palette kita kita tidak akan
mewarnai gambar kita, maka gambar tidak menarik perhatian orang meskipun desain
itu cukup bagus.
11. Document
Navigator
Ini
terletak di kiri bagian bawah Drawing window yaitu berisikan alat Control agar
halaman dapat berpindah dari halaman gambar satu ke halaman gambar berikutnya.
12. Status Bar
Bagian
ini bertujuan untuk menyampaikan informasi posisi kursor berada dan operasi apa
yang kita jalankan.
13. Navigator
Tombol
berguna untuk Open Drawing window dengan ukuran minimalis. Tombol ini terletak
di bawah pojok kanan dan bisa membantu kita dalam bergerak ke gambar yang kita
kerjakan.
14. Docker
Bagian
ini mempunayi perintah dan sangat simpel fungsinya hanya mengatur secara
relevan pada tool – tool tertentu saja.
3.8 Operasi
Dasar Corel Draw
a.
Objek Garis
Pada sistem Corel Draw X4 objek garis dapat dibentuk
melalui curve tool yang terdapat pada fasilitas toolbox. Dan adapun sub alat
yang terdapat pada fasilitas toolbox yaitu :
1.Freehand Tool
|
:
|
Alat ini digunakan untuk membentuk
beragam garis lurus atau garis yang tidak beraturan.
|
2.Bezier Tool
|
:
|
Alat ini digunakan untuk membentuk
beragam garis lurus dan garis yang tidak beraturan secara bersamaan.
|
3.Artistik Media Tool
|
:
|
Alat ini digunakan untuk membentuk
berbagai objek garis.
|
4.Pen Tool
|
:
|
Penggunaan alat ini hampir sama dengan
penggunan Bezier Tool.
|
5.Polyline Tool
|
:
|
Penggunaan alat ini hampir sama dengan
penggunaan Freehand Tool.
|
6.Point Curve Tool
|
:
|
Alat ini digunakan untuk membentuk
garis melingkar dengan cepat dan mudah.
|
7.Connector Tool
|
:
|
Alat ini digunakan untuk
menghubungkan beberapa objek gambar.
Misalnya membentuk garis penghubung alur diagram.
|
8.Dimension Tool
|
:
|
Alat ini digunakan untuk membentuk
garis dimensi seperti garis vertikal, horizontal, diagonal
|
b.
Objek Gambar
Di dalam Corel Draw, berbagai
bentuk gambar yang kita inginkan dapat kita buat. Dan berikut ini merupakan
fasilitas yang terdapat dalam toolbox yang dapat kita gunakan untuk membuat
berbagai bentuk yang kita inginkan :
1.Rectangle
Tool
|
:
|
Alat
ini digunkan untuk membentuk objek persegi panjang atau persegi.
|
2.Ellipse
Tool
|
:
|
Alat
ini digunakan untuk membentuk objek lingkaran.
|
3.Object
Tool
|
:
|
Alat
ini dapat mempermudah atau mempercepat proses pembentukan objek berbentuk
bintang, polygon, spiral, tabel dsb.
|
4.Perfect
Shape
Tool
|
:
|
Alat
ini digunakan untuk membentuk berbagai objek gambar spesifik secara mudah dan
cepat. Misalnya dalam membuat objek jajar genjang, balon, simbol diagram
alur, panah dsb.
|
5.Table
Tool
|
:
|
Alat
ini digunakan untuk membuat tabel dalam format persegi atau persegi panjang.
Tabel ini tidak hanya dapat dimasukkan tulisan/teks tetapi juga dapat
dimasukkan gambar kedalamnya.
|
c.
Objek Teks
Objek teks merupakan unsur yang
paling sering digunakan pada rancangan grafis. Ada yang membuatnya sebagai
logo, teks artistik bahkan mengubah objek teks menjadi objek gambar. Dan objek
teks ini dapat dibuat melalui text tool yang terdapat dalam tool box. Dan
setelah itu objek dapat diproses melalui pick tool sehingga dapat membentuk
bayangan dan sebagainya.
d.
Warna
Pilihan warna terdapat dalam color palette. Namun ada bebrapa cara untuk memberi warna pada objek gambar/teks yaitu :
1. Fill & Outline
|
:
|
Pada fasilitas tool box, sistem menyediakan fill tool untuk
mengatur isi objek gambar / teks. Sedangkan untuk mengatur garis pembentuknya
sistem menyediakan outline tool.
|
2.Eyedropper & Paint
Bucket Tool
|
:
|
Eyedropper tool digunakan
untuk mengambil spesifikasi warna atau atribut (property, transformation, dan
effect) suatu objek gambar / teks . setelah itu digunakan paint bucket tool
untuk menyalin adata tersebut pada objek gambar / teks lainnya.
|
3.Smart Fill Tool
|
:
|
Tool ini dapat mengisi warna
pada sembarang bidang tertutup.
|
e.
Objek Artsitik
Objek artistik dapat berupa
teks atau gambar. Dengan menggunakan alat tertentu, suatu objek gambar / teks
dapat terlihat berbeda dari biasa. Dan objek artistik tersebut terdiri dari :
2.
Artistik
(objek gambar)
|
:
|
Gambar artistik yang
dihasilkan melalui artistic media tool adalah seperti sketsa
gambar. Dan penggunaannya sama dengan embuat garis artistik untuk objek teks.
|
3.
Efek Distorsi
|
:
|
CorelDRAW menyediakanldidalam
Efek distorsi dapat diaplikasikan untuk objek gambar / teks sehingga dapat
terlihat lebih artistik.
|
4. Smudge Brush
(objek baru)
|
:
|
Melalui , suatu sisi
objek gambar dapat ditarik sehingga akan membentuk gambar yang baru sesuai
dengan keinginan. Dan sub alat ini dapat diakses melalui shape edit tool.
|
3.9 Cara input A3+
1.
Pilih file
Gambar 3.1 pilih
file
- Klik “p”
3.2 gambar klik “P” untuk menengahkan
3. Lalu
klik prefences – pilih tray dan kertas
Gambar 3.3 cara input A3
4.Lalu
klik aplyy- ok - print
Gambar 3.4
langkah-langkah
3.10 Cara Desain
1. Cara
Desain
Gambar 4.1 Buka aplikasi Corel Draw
2.New
Documen
Gambar 4.2 New Documen
Gambar 4.3 buat kotak atau garis
4.
Mulai desai sesuai kemauan
Gambar 4.3 Membuat desain
Gambar 4.4 Memilih Background
6.Letakan
Desain yang sesuai
Gambar 4.5 Meletakan Desain
7.Desain
Gambar 4.6 Desain
8.Desain jadi
Gambar 4.7 Lalu JPG
3.11.Cara Print
- Pastikan Kamu masih membuaka file
dokumen yang hendak di cetak
- Tekan Ctrl + P untuk membuka perintah Print
- Pada jendela print, pastikan name sudah terisi sesuai dengan merk printer yang dipakai.
- Pada page range atur halaman yang hendak dicetak.
- Pilih All untuk mecetak semua halaman.
- Pages, untuk memilih halaman tertentu untuk dicetak. Masukan nomer halaman yang hendak dicetak.
- current page untuk untuk memilih halaman yang sedang aktip ( tempat kursor berada).
- Pada Copies, atur berapa jumlah masing- masing halaman tersebut dicetak.
- Untuk mengatur ukuran kertas pada printer, klik properties. Pada jendela yang muncul ubah ukuran kertas pada pilihan size.
3.12. Cara Laminasi
- Panaskan mesin terlebih dahulu
- Lalu takan tombol auto
- Tunggu samapi lampu kuning
menjadi merah
- Setelah itu jalankan mesin
- Dan jalankan yang akan
dilaminasi
- Lalu potong kertas yang sudah dilaminasi
3.13 Cara Laminating
- Tekan tombol on/off untuk menghidupkan mesin. Jika telah menekan tombol on/off namun mesin tampak tidak berfungsi, coba periksa tombol siaga yang fungsi nya untuk membuat mesin dalam keadaan stand by/hibernasi.
- Untuk
mulai menggunakannya, tunggu sekitar 10 menit sampai mesin panas. Biasanya
terdapat lampu indikator yang menjadi petunjuk saat mesin sudah panas dan siap
digunakan.
- Pilih kecepatan mesin laminating dengan
menyesuaikan kertas yang dipakai. Untuk kertas-kertas yang tebal seperti karton
gunakan pengaturan laminating yang lebih lambat dibandingkan kertas tipis
seperti kertas HVS.
- Lapisi kertas atau dokumen dengan
plastik pelapis khusus untuk laminasi. Untuk menghindari plastik laminasi
lengket pada mesin laminating, sebaiknya lapisi lagi permukaan atas plastik
laminating dengan kertas HVS
3.14 Fhising Banner
- Ambil banner yang sudah dicetak
- Lalu dilem atas bawah samping
- Setelah itu plong tiap ssisi atau permeter
3.15 Cara Korporasi
1. Siapkan kertas yang
akan dijahit
2. Lalu nyalakn mesin
3. Persiapkan kertas
yang akan dijahit dibawah jarum mesin jahit
4. Lalu jalankan mesi
BAB IV
PEMBAHASAN
4.1
Laporan Kegiatan Siswa Secara Berkala
a. Nama : [Devi Maimatul Lutfi Latifa]
Tabel
4.1 Kegiatan Siswa
KEGIATAN SECARA BERKALA
|
||||||||||||||||||
No
|
Nama kegiatan
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
||||||||||||
1.
|
Finishing banner
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Cetak A3+
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Input A3+
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Laminasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Laminating
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Korporasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Set nota
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Finishing buku
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Finishing kartu nama
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
Finishing undangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Finishing Banner
|
|
Cetak A3+
|
|
Input A3+
|
|
Laminasi
|
|
Laminating
|
|
Koporasi
|
|
Ngeset nota
|
|
Finishing buku
|
|
Finishing kartu nama
|
|
Finishing undangan
|
BAB V
PENUTUP
5.1
Kesimpulan Prakerin
Setelah saya
pelajari tentang aktivitas yang saya lakukan selama melaksanakan prakerin,yang
saya laksanakan di CRYSTAL DIGITAL PRINTING Dengan diadakanya prakerin,kami
dapat mengenal lebih dalam tentang ilmu pengetahuan dalam Dunia Usaha.
1.
Prakerin mampu membuat siswa lebih memahami arti
kedisiplinan dan tanggung jawab.
2.
Dengan prakerin ini saya dapat meningkatkan kemampuan
dalam diri kita.
3.
Dengan di adakanya Prakerin kami bisa lebih memahami
bagaimana situasi dalam Dunia Usaha dan Dunia Sekolah.
4.
Dengan prakerin ini kami dapat mengetahui hasil kemampuan
selama prakerin di Dunia Usaha.
5.
Dapat berinteraksi dengan orang-orangyang memiliki
jabatan yang cukup tinggi di instansi tersebut dan itu merupakan suatu
kebangaan tersendiri buat kami.
6.
Merupakan pengalaman yang tidak akan saya lupakan.
5.2 Saran
5.2.1
Saran untuk sekolah :
Adapun saran-saran untuk sekolah yang dapat saya simpulkan antara lain :
1.
Agar memberikan bakal ilmu yang lebih luas bagi siswa pada saat
melaksanakan
Prakerin.
2.
Diharap agar pembimbing diberikan kepada siswa sehingga
mempunyai jadwal khusus,mengingatkan pentingnya nasehat atau pembekalan bagi
siswa yang melaksanaka PRAKERIN.
3.
Meningkatkan daya pikir dan mental siswa, pihak sekolah
harus senantiasa
memberikan
dorongan dalam melaksanakan prakerin.
4.
Berusaha agar tidak putus asa dalam menghadapi segala
persoalan ataumasalah.
5.
Tingkatkan bakat dan keahlian yang ada.
6.2.2
Saran Untuk Perusahaan :
Berdasarkan pengalaman yang saya alami selama mengikuti
kegiatan prakerin di CRYSTAL DIGITAL PRINTING saya dapat menyimpulkan antara
lain :
1.
Kepada pembimbing perusahaan agar dapat membimbing dan
mengajarkan siswa lebih jauh lagi kedalam divisi yang ditepatkan diperusahaan
sehingga pekerja yang di berikan perusahaan dapat lebih mudah dipahami.
2.
Penempatan siswa pada saat melaksanakan PRAKERIN di
usahakan sesusai dengan jurusan ilmu yang dimiliki siswa.
3.
Koordinasi antara pihak industri,sekolah,dan siswa
diharapakan lebih ditingkatkan agar pelaksanaaan PRAKERIN dan pembuatan laporan
pertanggung jawaban bisa berjalan lancar.
4.
Diharapkan pihak industri lebih mengarahkan pada satu
atau beberapa bidang pekerjaan yang tetap sehingga siswa lebih terarah dan
memahami serta menguasai bidang tersebut.
7.3
Kendala-Kendala Selama Praktek Kerja Industri (Prakerin)
Kendala-kendala
yang saya alami selama mengikuti kegiatan prakerin antara lain :
1.
Ketika pertama kali diberi tugas, kami mendapat kesulitan.
2.
Jarak tempuh dari asrama sampai tempat prakerin cukup
jauh.
3.
Sering mengalami kemacetan saat berangkat ke tempat
prakerin.
4.
Pengeluaran biaya transportasi bertambah.
5.
Ketika print out A3 terkadang terjadi kemacetan pada
mesin dikarenakan kertas yang menyangkut didalam mesin.
6.
Ketika finishing terjadi kesalahan dalam pemotongan
batas-batas.
7.
Masih belum dapat kepercayaan untuk memakai mesin banner.
8.
Kebanyakan jam nganggur.
9.
Masi belum diajari banyak hal tentang desain.
10. Kekurangan alat-alat yang digunakan.
5.1 Lampiran
Gambar Proses Laminasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar